Bimtek Pengelolaan Data

Jakarta – Pada hari ini Kamis, 22 Agustus 2019, Perwakilan Desa Mbeleang Harri Putra, SP sebagai Pelaksana Tugas Sekretaris Desa Mbeleang mengikuti Bimbingan Teknis tentang Pengelolaan Data dan Informasi Potensi Berbasis Website Desa dalam menghadapi Era Digital 4.0 yang berlangsung di Hotel Le Grandeur Jakarta.

Dalam Bimtek ini kami bersama dengan 13 Desa di Kabupaten Banggai Laut, untuk pelatihan dari pagi hingga siang diajarkan mengenai cara input halaman sampai dengan sub halaman. Dan dilanjutkan dengan menginout content atau artikel.

Bimtek kali ini berlangsung selama 3 hari terhitung mulai Kemarin pada Hari Rabu Tanggal 21 Agustus 2019, Website desa dibangun dengan tujuan sebagai media pelayanan publik resmi desa, yang dibangun dan dikelola oleh tim desa setempat. Dengan memanfaatkan website penyelenggaraan pelayanan publik dapat dilakukan secara cepat dan mudah.

Website desa sebagai manajemen informasi secara garis besar digunakan sebagai media informasi publik yang dapat diakses secara online.

Pemerintah desa dapat menggunakan website sebagai media informasi yang meliputi profil desa, berita desa, galeri desa, dan statistik desa.

  1. Profil Desa.
    Pemerintah desa dapat menggunakan website sebagai media informasi profil desa. Contohnya : profil sejarah desa, wilayah desa, masyarakat desa, pemerintah desa, dan lain-lain.
  2. Berita Desa.
    Desa dapat dengan mudah dan cepat memberikan informasi kepada masyarakat. Selain media informasi terkini, berita desa dapat digunakan sebagai sarana interaksi dengan warga.
  3. Galeri Desa.
    Desa dapat mengunggah foto maupun video tentang desa dan kegiatan desa. Seperti Peta wilaya desa, kegiatan kerja bakti, rapat pemerintah, dan lain-lain.
  4. Statistik Desa.
    Desa dapat memenuhi kewajiban transparasi pemerintah kepada masyarakat dengan memberika informasi statistik. Misalnya : Transparasi APBDes, Statistik data pendidikan warga, dan lain-lain.

Banyak sekali manfaat desa memiliki website yang dikelola secara serius. Meringankan beban pekerjaan pemerintah dan mempermudah masyarakat desa.