Potensi Perkebunan Cengkeh di Desa Mbeleang

Banggai Laut – Kecamatan Bangkurung Khususnya di Desa Mbeleang tanaman cengkeh merupakan salah satu komoditas perkebunan yang menjadi idola / primadona masyarakat petani dan sangat potensial untuk dikembangkan, khususnya disekitar dataran tinggi Kebun Milik Petani di desa Mbeleang.

Meski beberapa Tahun terakhir petani cengkeh dikejutkan dengan tanaman-tanaman mereka yang mati mendadak (kering) yang disebabkan oleh serangan penyakit BPKC (Bakteri Pembuluh Kayu Cengkeh) dan juga Musim Panas berkepanjangan, namun antusias petani untuk kembali menanam tanaman cengkeh masih tetap menggelora.

Hal ini disebabkan karena tanaman cengkeh merupakan tanaman yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Produksi tanaman cengkeh pada kondisi normal bisa mencapai 80 – 100 kg per pohon per tahun. Para pedagang pengepul cengkeh di Desa Mbeleang saat ini menawarkan harga cengkeh basah mencapai Rp. 15.000,-/liter dan kering Rp. 75.000,-/kg.

Belum lagi ditambah ranting cengkeh yang juga laku dijual. masyarakat mengatakan bahwa semua yang ada di tanaman cengkeh bisa dikomersialkan mulai dari batang, ranting, daun dan buahnya .